RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN Gedongombo 1
Kelas/semester : IV (empat) / I (satu)
Tema/Topik : 3 / Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub
Tema : 2 Keberagaman
Makhluk Hidup di Lingkungan
Pembelajaran ke :
3 (tiga)
Alokasi
waktu : 2 x 35 menit
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Mengetahui
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
5. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. Kompetensi Dasar
Spiritual
1. Menyebutkan
makhluk hidup ciptaan Tuhan dan mensyukuri tentang apa yang diciptakan Tuhan.
Sosial
2. Menunjukkan
perilaku peduli terhadap sesama makhluk hidup di lingkungannya
IPA
3.2 Memahami
siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dan
upaya pelestariannya.
4.2 Membuat
skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan
sekitarnya, dan slogan upaya pelestariaanya.
Bahasa Indonesia
3.4 Menganalisis
informasi yang disampaikan dari media cetak atau elektronik
C. Indikator
Pencapaian Tujuan
1. Menyebutkan
makhluk ciptaan Tuhan dan mensyukuri tentang ciptaan-Nya.
( Spiritual)
2. Menampilkan
sikap peduli terhadap lingkungan sekitar. (sosial)
3. Menjelaskan
pengertian siklus hidup makhluk hidup. (pengetahuan)
4. Menyebutkan
contoh siklus mahkluk hidup yang ada di lingkungan sekitar. (pengetahuan)
5. Membuat
skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup. (keteranpilan)
6. Merancang
slogan tentang upaya pelestarian makhluk hidup. (keterampilan)
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Berdasarkan
pengalaman sehari-hari, (C) siswa (A) dapat menyebutkan makhluk ciptaan Tuhan
dan mensyukuri terhadap ciptaan-Nya (B) minimal 5 contoh (D).
2. Berdasarkan
pengalaman yang dialami, (C) siswa (A) dapat menampilkan sikap peduli terhadap
lingkungan sekitar (B) minimal 2 contoh (D).
3. Tanpa
membuka buku, (C) siswa (A) dapat menjelaskan pengertian siklus hidup makhluk
hidup (B) minimal 75 % (D).
4. Berdasarkan
contoh yang di berikan guru (C) siswa (A) dapat menyebutkan contoh siklus hidup
makhluk hidup (B) minimal 3 contoh (D)
5. Berdasarkan
penjelasan guru, (C) siswa (A) dapat membuat skema siklus hidup beberapa jenis
makhluk hidup (B) minimal 65 % benar (D)
6. Berdasarkan
kehidupan sehari-hari, (C) siswa (A) dapat merancang slogan tentang upaya
pelestarian makhluk hidup (B) dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku
(D).
E. Materi
Pembelajaran
1. Pengertian
Siklus Makhluk Hidup
2. Siklus
Hidup Tumbuhan
F. Pendekatan,
Model, metode, Strategi
1.
Pendekatan : Scientific
2. Model : Cooperative learning
3. Metode : Ceramah, tanya jawab,
diskusi
4. Strategi : Editing
G. Kegiatan
Pembelajaran
a. Kegiatan
awal
1. Guru
masuk kelas dan mengucapkan salam.
2. Siswa
diajak untuk berdoa bersama.
3. Siswa
diabsen oleh guru.
4. Siswa
diberi pertanyaan tentang materi yang pelajaran apa yang diperoleh sebelumnya.
5. Siswa
diberi pertanyaan tentang apa saja ciptaan Tuhan.
6. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. (fase 1)
b. Kegiatan
inti
1. Siswa
diberikan materi oleh guru dengan cara memberikan informasi tentang apa saja
yang diciptakan oleh Tuhan makhluk apa saja yang diciptakan oleh Tuhan. Serta
bagaimana cara kita bersyukur kepada Tuhan. (fase 2)
2. Siswa
dibentuk kelompok oleh guru masing-masing kelompok 3 orang dengan cara
mengambil kartu warna yang sudah disediakan oleh guru. (fase 3)
3. Siswa
diberikan pembelajaran tentang siklus makhluk hidup dan apa saja bentuk siklus
makhluk hidup.
4. Siswa
diberikan contoh oleh guru bagaimana tahapan-tahapan siklus makhluk hidup,
dengan menggunakan media gambar.
5. Setiap
kelompok diberi tugas untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. (fase
4)
6. Salah
satu siswa membacakan ke depan ke depan hasil tugas yang telah dikerjakan. (
fase 5)
7. Siswa
diberi pertanyaan oleh guru tentang bagaimakah cara kita menjaga kelestarian
makhluk hidup, dan bagaiamana sikap kita terhadap lingkungan sekitar.
8. Siswa
yang bisa menjawab akan mendapat reward dari guru. (fase 6)
9. Setelah
selesai pembahasan materi siswa disuruh untuk merancang sebuah slogan yang
bertema upaya pelestarian lingkungan.
10. Guru
memandu siswa dalam merancang slogan.
c. Kegiatan
akhir
1. Siswa
bersama guru menyimpulkan tentang materi yang dipelajari hari ini.
2. Siswa
diberi kesempatan oleh guru untuk bertanya.
3. Guru
memberikan penguatan tentang materi pembelajaran.
4. Guru
memberikan tugas ( PR)
5. Guru
mengakhiri kelas dengan berdoa dan mengucapkan salam.
H. Penilaian hasil
belajar
Teknik : Tertulis
Bentuk : Tes
Instrumen : Lembar kerja, pilihan ganda, essay
I. Media
Gambar
siklus makhluk hidup
J. Sumber belajar
Bingham, J. 2005. Percobaan-percobaan
sains (fisika, kimia, biologi dengan peralatan
sederhana) .
Bandung: PT. Intan Sejati.
Jombang,
27 oktober 2016
Mengetahui,
Kepala SDN Gedongombo 1 Guru
Kelas
Drs.
Supriyadi Agustin
Anggraini
NIP.475
755 900 NIP.
149 717 4022
Materi
Pembelajaran
A.
Pengertian
Siklus mahkluk hidup
Definisi
daur hidup adalah suatu proses yang menandai perkembangan suatu organisme/
mahkluk hidup sejak memulai hidupnya di bumi sampai bereproduksi untuk
mempertahankan keberadaan jenisnya.
Proses
pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup tertentu ada yang disertai
dengan perubahan bentuk pada tubuhnya.
1.
Metamorfosis
Metamorfosis
merupakan peristiwa perubahan bentuk pada tubuh hewan tertentu selama proses
pertumbuhan dan perkembangannya. Proses metamorfosis melibatkan perubahan
bentuk atau struktur melalui beberapa tahap pertumbuhan sel.
Metamorfosis
ini dibagi menjadi dua :
a. Metamorfosis
sempurna
Metamorfosis
disebut sempurna apabila hewan mengalami perubahan bentuk secara nyata dengan
tahapan-tahapan yang jelas. Kupu-kupu mengalami tahapan yang panjang sebelum
menjadi kupu-kupu dewasa. Pertama kali, kupu-kupu akan bertelur. Telur
kupu-kupu biasanya diletakkan di dedaunan. Telur kemudian menjadi ulat. Tahap
berikutnya ulat akan berubah menjadi kepompong (pupa) dan akhirnya menjadi
kupu-kupu dewasa.
b. Metamorfosis
tidak sempurna
Metamorfosis
disebut tidak sempurna apabila perubahan tubuh yang terjadi tidak mencolok.
Contoh metamorfosis tidak sempurna terjadi pada kepik, jangkrik, dan belalang.
B.
Siklus
hidup tumbuhan
Siklus
hidup tumbuhan berbeda dengan siklus hidup hewan. Secara garis besar tahapan
dari siklus hidup tumbuhan adalah tumbuh (biji – kecambah- anakan pohon-pohon).
Berkembang biak (berbunga - atau
kawin/penyerbukan – biji/buah), selanjutnya mati. Pertumbuhan adalah merupakan
salah satu proses dari siklus hidup tumbuhan.
Contoh siklus hidup
tumbuhan
Lembar
Tugas 1
Nama
kelompok :
1.
2.
3.
Siklus
hidup Kupu-kupu
Lembar
Tugas 2
Kelompok
:
1.
2.
3.
Merancang
Desain Slogan upaya pelestarian lingkungan
Tugas
3
I.
Pilihlah
ganda !
1. Metamorfosis
pada kupu-kupu, setelah telur berubah menjadi....
a. Ulat
b. Kepompong
c. Kupu-kupu
dewasa
d. Jentik-jentik
2. Agar
tumbuhan yang kita tanam, bisa tumbuh dengan subur harusnya diberi...
a. Makan
b. Air
c. Sayuran
d. Dibiarkan
3. Nyamuk
biasanya berkembang biak di ...
a. Genangan
air
b. Gelas
c. Dapur
d. Tempat
yang bersih
4. Pilihlah
slogan yang sesuai dengan upaya pelestarian lingkungan ...
a. Mari
menanam seribu pohon
b. Aturan
dibuat untuk di langgar
c. Buanglah
sampah
d. Biarkan
sampah ini berserakan
5. suatu
proses yang menandai perkembangan suatu organisme/ mahkluk hidup sejak memulai
hidupnya di bumi sampai bereproduksi untuk mempertahankan keberadaan jenisnya
disebut...
a. daur
hidup
b. metamorfosis
c. hidup
mandiri
d. gaya
hidup
6. contoh
metamorfosi sempurna adalah...
a. kupu-kupu
b. serangga
c. sapi
d. kambing
7. contoh
metamorfosis tidak sempurna adalah...
a. belalang
b. kupu-kupu
c. nyamuk
d. katak
8. metamorfosis
dibagi menjadi ...
a. 3
b. 2
c. 4
d. 5
9. Pertumbuhan
tumbuhan dimulai dari..
a. Biji
b. Tunas
c. Akar
d. Pohon
10. Tumbuhan
akan tumbuh besar dan menghasilkan...
a. Buah
b. Batang
c. Ranting
d. Meranggas
II.
Esaay
1.
Tumbuhan akan
tumbuh bila diberi...
2.
Salah satu ciri
mahkluk hidup adalah tumbuh dan...
3.
Contoh
metamorfosis sempurna..
4.
Contoh
metamorfosis tidak sempurna...
5.
peristiwa
perubahan bentuk pada tubuh hewan tertentu selama proses pertumbuhan dan
perkembangannya disebut...
Lembar
penilaian
A.
Tugas
1
No.
|
Nama
|
kejujuran
|
Kerapian
|
kecermatan
|
Ket.
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian skor
1. Peletakkan
gambar benar semuanya 80-100
2. Salah
satu gambar ada yang salah 60-80
3. Ada
2 gambar yang salah 40-60
B.
Tugas
2
No.
|
Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Penulisan
kata sesuai dengan teman dan menggunakan bahasa yang baku
|
80-100
|
2.
|
Penulisan
kurang sesuai dengan tema akan tetapi bahasa yang digunakan baku
|
60-80
|
3.
|
Penulisan
tidak sesuai dan bahasa yang digunakan kurang baku
|
40-60
|
Tugas
3.
I.
Pilihan
ganda
No.
|
Jawaban
|
skor
|
1.
|
A
|
5
|
2.
|
B
|
5
|
3.
|
A
|
5
|
4.
|
A
|
5
|
5.
|
A
|
5
|
6.
|
A
|
5
|
7.
|
A
|
5
|
8.
|
B
|
5
|
9.
|
A
|
5
|
10.
|
A
|
5
|
II.
Esay
Jawaban skor
1. Air 10
2. Berkembang
biak 10
3. Kupu-kupu 10
4. Belalang 10
5. Metamorfosis 10
Nilai total 100
Nilai
Akhir : Tugas 1 + tugas 2 + tugas 3
3
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Pendidikan IPA
SD kelas lanjut
Dosen Pengampu,
Muhammad Nuruddin M.Pd
Oleh :
Agustin
Anggraini
(1497174002)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
HASYIM ASY’ARI
2016
Lampiran media
Tidak ada komentar:
Posting Komentar